Untukmu Yang Diuji Dengan Perasaan SSA

UNTUKMU YANG DIUJI DENGAN PERASAAN SSA

Allah ta'ala berfirman:

وَرَبُّكَ يَخْلُقُ مَا يَشَآءُ وَيَخْتَارُ ۗ مَا كَانَ لَهُمُ ٱلْخِيَرَةُ ۚ سُبْحَـٰنَ ٱللَّهِ وَتَعَـٰلَىٰ عَمَّا يُشْرِكُونَ

Dan Tuhanmu menciptakan apa yang Dia kehendaki dan memilihnya. Sekali-kali tidak ada pilihan bagi mereka. Maha Suci Allah dan Maha Tinggi dari apa yang mereka persekutukan (dengan Dia). (Surat Al-Qashash (28) ayat 68)


Sahabat,

Ketahuilah bahwa Robbul 'Alamin menciptakan setiap jenis dan bentuk makhlukNya dengan penuh perhitungan. Segala yang Ia perbuat tersebut tidak pernah terlepas dari keutamaan, keadilan dan hikmah. Tidak ada yang sia-sia dan main-main atau bahkan keliru dan salah dalam perbuatanNya.

Ia ciptakan kelebihan dan kekurangan dalam diri kita pun demikian adanya. Semua dengan perhitungannya yang terbaik untuk kita. Setiap kita terlahir ke dunia ini dengan apa yang telah Ia tetapkan dari keduanya itu. Sebuah bentuk kelembutanNya dan rahmatNya kepada kita.

Dengan kekurangan dan kelebihan itu, Ia telah membuka peluang sebesar-besarnya untuk kita mendapatkan yang terbaik di sisinya, manakala kita bisa mengelola keduanya kepada apa yang Ia ridhoi. Kelebihan itu bukan untuk kita berbangga, kekurangan itupun bukan untuk membuat kita berputus asa.

Antara SYUKUR dan SABAR keduanya berputar.

Al Imam Ikrimah rahimahulloh berkata : "Tidak seorangpun, kecuali mengalami senang dan sedih. Akan tetapi buatlah kesenangan itu menjadi syukur, dan kesedihan menjadi sabar."

Dalam sebuah syair arab:

kau tercipta untuk menghadapi kesusahan,
mengapa kau menginginkan bersih dari kotoran dan kekeruhan

Maka ....

berbuatlah yang terbaik (yang Robbul 'Alamin ridhoi) dari apa yang telah Ia mudahkan jalan-jalannya untukmu saat ini di hadapanmu. Masa lalu yang kelam jangan jadi beban, tidak ada yang bisa diubah, selain ucapan istighfar. Jangan cemas dan takut dengan apa yang akan datang, karena belum tentu kau akan melewatinya. Kuatkanlah tawakalmu dan percayamu pada Robbmu, agar Dia memberikan yang terbaik untukmu untuk menghadapi sunnah kauniyahNya yang telah Ia tetapkan dari ujian-ujian hidupmu esok.

Ketahuilah, bahwa Ia selalu memberimu peluang dan kesempatan. Dengan cara-caranya yang unik, indah dan di luar apa yang kamu bayangkan. Yang kalau kamu bisa membaca itu semua, tidak akan keluar dari lisanmu kecuali kamu akan memujiNya dengan pujian terindah yang kamu bisa lakukan.

Keep smile, Ingatlah nasehat indah ini (1400 tahun yang lalu dari Nabi yang penyayang shollallohu'alaihiwasallam) :

المؤمن القوي خير وأحب إلى الله من المؤمن الضعيف وفي كلٍ خير، احرص على ما ينفعك واستعن بالله ولا تعجز وإن أصابك شيء فلا تقل: لو أني فعلت كان كذا وكذا، ولكن قل: قدر الله وما شاء فعل، فإن لو تفتح عمل الشيطان" رواه مسلم. 

اِحْرِصْ عَلَى مَا يَنْفَعُكَ, وَاسْتَعِنْ بِاَللَّهِ, وَلَا تَعْجَزْ


Apapun kondisi dan bebanmu, jadikan kesempatan emas mendapatkan yang terbaik di sisiNya. Sungguh, Ia telah membuat jalan-jalan untuk meraihnya menjadi sangat mudah dan sederhana dengan kelapangan maupun kesempitan yang kamu rasakan.


Dengan kelebihan maupun kekuranganmu, kamu masih bisa berbuat baik, pada dirimu sendiri sebelum kepada orang lain ...